Cara Memperbaiki CPU Hidup Tapi Tidak Tampil di Monitor

Cara Memperbaiki CPU Hidup Tapi Tidak Tampil di Monitor
Cara Memperbaiki CPU Hidup Tapi Tidak Tampil di Monitor - Halo kawan memedcam di dunia maya. Untuk kali ini ane akan berbagi pengalaman dan sekaligus curhat. Tapi bukan curhat soal hubungan asmara, melainkan curhat soal komputer. Ceritanya berawal dari sini.

Waktu itu ane pengen sekali beli PC baru, karena tidak minat banget karena harganya yang mahal, akhirnya ane putuskan untuk beli PC (CPU saja) bekas yang speknya lebih bagus dari PC lawas punya ane.

Ane beli PC berspesifikasi berikut ini :
- Prosesor : Intel Pentium 4 D2.66 (dual CPU)
- RAM : 1 Gb
- HDD : 160 Gb
- VGA : PCIE 128 Mb Nvidia Geforce
- mobo : Ggabyte serinya belum ane liat

Ya itulah spesifikasi PC yang ane beli, idep-idep punya pc yang lumayan cepet buat multymedia. Itu second lho, bukan baru, kalau baru belum kuat belinya. Setelah kurang lebih 2 hari ane pake, rata-rata sehari ane gunain 13 Jam tanpa dimatikan, alias nyala terus selama 13 jam sehari.

Dan ane gak nyangka gak mengira, tepat di hari pilihan caleg 9 April kemarin, ane nyalain bisa nyala. Ane pake internetan, belum sampe 1 jam, tiba-tiba Monitor mati (gelap) dan suara kipas cpu semuanya menjadi pelan putarannya. Tapi masih posisi hidup cpu-nya. Ane belum begitu panik, karena pernah ngalamin seperti ini di PC ane sebelumnya. Kemudian ane matikan listrik yang mengalir ke cpu, kemudiah ane nyalain lagi, dan alhasil PC tetap hidup tapi gak bisa tampil ke monitor. Yang ane curiga adalah fan nya yang kecepatannya menjadi berkurang.

Setelah kejadian itu, ane langsung benerin sendiri sebisanya, seperti lepas Ram dan bersihin kuningannya pake penghapus, cabut konektor HDD, buka prosesor dan bersihin kemudian dipasang lagi, hasilnya tidak berubah tetap seperti tadi. Kemudian sehari berikutnya ane langsung pergi ke servis komputer terdekat, biar tau apa sih kerusakannya, maklum ane bukan ahli komputer, tapi masih belajar. Kenapa tidak digaransikan? karena tempat ane dengan tempat ane beli CPU second itu jauh, jadi males aja, hehe, pengen yang cepet.

Di tempat servis ternyata kerusakan terjadi pada Power Supply, dan yang saya sayangkan Prosesornya ikutan rewel, kata mas tukang servisnya karakter prosesornya terlalu panas jadi gak mau hidup. Berikut penampakan PC-nya dan yang diganti.




Itu semua sekarang sudah kembali normal dengan mengganti piranti yang rusak yaitu prosesor dan PSu. Ane beli prosesor yang bekas saja seharga Rp 70K, dan PSu nya baru tapi ya masih ecek-ecek mereknya Buffalo. Tapi tak apa yang penting sekarang lancar jaya kembali dan bisa untuk internetan lagi.

Itulah pengalamanku beli PC bekas, jadi kesimpulannya, kalau beli CPU bekas, harus siap tanggung kerusakan, karena kita tidak tau apa penyebab CPU itu dijual. Terimakasih