Si Robot Pembantu Rumah Tangga

Pembantu Rumah Tangga - Pembantu Rumah Tangga sangat dibutuhkan bagi yang memiliki banyak pekerjaan diluar rumah yang tidak bisa menyempatkan waktu untuk mengurus rumah. Pekerjaan pembantu rumah tangga bukanlah hal yang mudah,  untuk seorang pembantu rumah tangga tidak cuma memiliki ketelatenan tetapi banyak hal yang harus dikuasai. Jika pembantu rumah tangga tidak mampu mengerjakan perintah majikan, biasanya sang majikan marah, jika sang majikan memiliki sifat emosian. Dan terkadang bisa di aniaya oleh majikan. 

Untuk mengurangi tingkat kekerasan terhadap pembantu rumah tangga, saya ingin beritahukan bahwa ada sebuah Tim peneliti dari Cornell University, Amerika Serikat, yang telah membuat robot yang memiliki kemampuan untuk membantu pekerjaan rumah tangga. Robot ini bisa membantu membukakan pintu lemari es hingga menuangkan minuman atau bir.  

Nih, Kata Ashutosh Saxena, ahli komputer dari Cornell University, Amerika Serikat kunci dari keberhasilan membuat robot yang dapat melakukan pekerjaan rumah tangga adalah kemampuan memprediksi gerakan selanjutnya. "Untuk membuat robot yang dapat meniru gerakan manusia sangat mudah. Tapi, untuk membuat robot yang memiliki kemampuan memprediksi gerakan selanjutnya adalah sangat sulit," kata Saxena, yang dilansir Science Recorder, 29 Mei 2013. 

Tidak cuma itu saja, robot ini mampu bekerja dengan menggunakan sensor gerak Kinect buatan Microsoft.  Sensor tersebut akan mengikuti gerakan manusia berdasarkan rekaman 120 video tugas rumah tangga, seperti memasukkan makanan ke microwave, menyikat gigi, dan lainnya. Yang sangat menakjubkan adalah robot pembantu rumah tangga ini mampu menganalisis gerakan manusia dan menghafal letak gelas untuk dituangkan bir atau minuman botol lainnya. 

Dengan demikian kalau robot ini dikembangkan dan bisa diproduksi massal, bukan tidak mungkin dapat mengurangi berbagai macam resiko kepada seorang pembantu rumah tangga.

Source : viva.co.id