Cara Beli Barang Online Aman di Tokobagus


Cara Beli Barang Online Aman di Tokobagus

Cara Beli Barang Online di Tokobagus - Tokobagus merupakan situs jual beli online yang bebas digunakan oleh semua orang. Oleh karena itu ada penjual yang baik dan ada pula yang jahat yang niatnya ingin menipu. Walaupun sistem kemanan ditokobagus semakin lama semakin ketat, tapi itu tak membuat para pelaku penipuan berhenti begitu saja, masih banyak orang yang tertipu di Tokobagus.

Untuk itu ane kali ini akan share tips bagaimana Cara Beli Barang Online Aman di Tokobagus. Berikut tips-tips sederhananya.

1. Belilah di penjual yang mempunyai logo VERIFIED member
Cara Beli Barang Online Aman di Tokobagus

Ini bisa menjadi barang bukti jika kamu ditipu oleh verified member. Karena alamat penjual yang asli sudah ada ditangan tokobagus, tinggal laporkan ke admin. Tetapi ini bisa saja digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang meng-hack akun verified member, kemudian digunakan untuk menipu. Jadi harus tetap waspada
Cara Beli Barang Online Aman di Tokobagus


2. Pilihlah penjual yang memiliki toko offline resmi
Jika anda terpaksa beli di penjual non verified member, usahakan beli yang mereka punya toko offline sendiri. Jadi kita bisa meminimalisir penipuan. Coba kamu cari informasi mengenai toko offfline tersebut, apakah data kontaknya sama dengan penjual di tokobagus. Jika berbeda info kontaknya, usakan jangan beli disitu.

3. Cari info kontak yang ada di tokobagus di search engine google
Cara Beli Barang Online Aman di Tokobagus

Ya, ini yang paling penting tapi jarang dilakukan oleh pembeli, termasuk sayapun sering lupa cek keaslian kontak penjual di tokobagus. Kalau ada nomor hp, coba cari di google apakah ada artikel penipuan yang berhubungan dengan nomor tersebut. Jika sudah melakukan pembicaraan baik lewat SMS/Telepon, dan sudah diberi nomor rekening untuk pengiriman uangnya, sempatkan search nomor rekening tersebut di google, dengan kata kunci "(nomor rekening penjual) spasi "penipu" nah, apa ada artikel penipuan yang berkaitan dengan nomor rekening tersebut, jika ada mendingan dibatalkan transaksinya.

4. Minta nomor resi pengiriman barang
Nah, jika anda sudah terlanjur bertransaksi dengan akun non verified member, jangan panik, silahkan minta nomor resi pengiriman barangnya. Setelah diberikan, silahkan cek nomor resinya keesokan harinya di web penyedia layanan pengiriman barang (JNE, POS, TIKI, dll) apakah benar sudah dikirim. Jika tidak ada datanya, coba tanya sekali lagi, Jika benar tidak ada data pengiriman barang, berarti anda sudah menjadi korban penipuan. :0

5. Jangan Tergiur dengan harga murah
Ini juga menjadi poin penting jika anda ingin berbelanja online di tokobagus. Jangan tergiur dengan harga murah. Karena barang yang murah bisa saja itu penipuan, usahakan cek info harga rata-rata di tokobagus atau di toko online lainnya. Harga murah memang menggiurkan untuk dilihat. Tetapi harus hati-hati dengan mengingat kembali poin-poin diatas.

6. Perhatikan isi iklan dan gambar produk
Ini juga penting, karena jika gambar hanya ada satu saja dan deskripsi hanya singkat, harap hati-hati. Penipu juga ada yang malas menulis. Carilah barang yang deskripsinya lengkap, sehingga anda puas dengan spesifikasi barang.

7. Ajak teman jika terpaksa untuk COD
Nha, harap waspada jika anda terpaksa untuk ketemuan dengan penjual, usahakan bawa teman, istri, suami, kakak, dan lain sebagainya. Karena bisa saja anda ditipu di tempat cod, atau dirampok, dihipnotis dan sebagainya. Carilah tempat yang ramai jika ketemuan di ruang umum, bukan di rumah atau di toko.

Itu saja yang bisa ane jabarkan Cara Beli Barang Online Aman di Tokobagus, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya, tetap waspada.